WOW! Ini Dia Kuliner Nikmat Dari Wilayah Asia Tengah Yang Jarang Diketahui Orang!

Wilayah Asia Tengah dulunya sebagai pecahan Uni Soviet, kini telah menjadi beberapa negara antara lain, Kazakhstan, Kirgizstan, Tajikistan, Uzbekistan, dan Turkmenistan. Selain itu ada Afghanistan yang juga masuk ke dalam wilayah Asia Tengah namun bukan bagian dari pecahan Uni Soviet.

Penduduk di wilayah Asia Tengah terdiri dari beberapa suku bangsa yang beraneka ragam. Selain itu negara-negara di wilayah Asia Tengah dulunya menjadi jalur sutra bagi Uni Soviet.

Perpaduan antar suku bangsa itu menciptakan suatu ciri khas dan unik dalam segi kuliner. Banyak kuliner-kuliner dari Asia Tengah yang sebenarnya cukup populer namun jarang diketahui banyak orang.

Berikut adalah daftar kuliner-kuliner khas dari Asia Tengah yang nikmat.

1. Aushak (Afghanistan)

Kuliner yang pertama datang dari negara Afghanistan. Aushak merupakan makanan khas Afghanistan yang berupa dumpling atau dimsum. Yup, Aushak adalah dumplingnya orang Afghanistan.

Aushak biasanya berisi aneka bahan-bahan pendukung seperti daging, daun bawang, dan juga saus tomat. Sehingga menciptakan suatu perpaduan cita rasa yang nikmat saat digigit.

Tidak hanya di situ, Aushak sangat cocok dinikmati bersama saus yoghurt dan daun mint. Selain cita rasa dumplingnya yang sudah nikmat, Aushak menjadi tambah menyegarkan dengan tambahan yoghurt dan daun mint.

2. Dimlama (Uzbekiztan)

Untuk kuliner yang ke-dua, sekarang kita menuju ke Uzbekiztan. Negara Uzbekiztan memiliki menu andalan yang juga dapat membuat kamu ngiler, yaitu Dimlama.

Dimlama merupakan sajian daging bersama sayuran-sayuran tertentu yang dimasak menjadi satu makanan yang nikmat. Daging yang biasa digunakan adalah daging domba atau pun sapi.

Sedangkan sayuran-nya bisa diisi dengan kentang, wortel dan sayuran lainnya. Makanan yang biasanya populer pada musim semi maupun musim panas ini memang sangat cocok untuk dinikmati bersama teman maupun keluarga.

3. Plov (Tajikistan)

Jika Indonesia memiliki makanan khas Indonesia yang bernama nasi goreng, di Asia tengah juga tidak mau kalah untuk menyajikan kuliner khas dari olahan nasi.

Plov, makanan dari Tajikistan yang juga populer di Uzbekistan ini juga merupakan olahan nasi. Namun yang menjadi main dishnya adalah olahan daging dombanya yag ditumis dengan bawang bombay dan wortel.

Setelah wanginya menggoda, tumisan daging tadi dimasak bersama beras basmati yang dibumbui dengan garam dan jintan putih. Perpaduan rasa dari tumisan daging serta bumbu jinten membuat perpaduan rasa yang nikmat dan juga mengenyangkan.

4. Beshbarmak (Kazakhstan)

Yang ke-empat datang dari negara Kazakhstan. Beshbarmak yang memiliki arti "lima jari" merupakan makanan yang cukup mengenyangkan karena menjadikan mie dan daging sebagai menu utamanya.

Daging domba atau kuda dan mie direbus bersama bawang bombay sehingga membuat kesegaran kuah kaldunya. Air rebusan (kaldu) tadi disajikan juga bersama dengan daging dan mie, sehingga tidak menyia-nyiakan bahan yang ada.

Makanan ini sangat cocok dinikmati langsung dengan tangan, sehingga sensasi yang dirasakan sangat pas.

5. Jarma (Kirgiztan)

Kuliner terakhir datang dari negara Kirgiztan, yaitu Jarma. Menu yang satu ini sangat cocok sebagai hidangan penutup karena Jarma bukan merupakan makanan, melainkan jenis minuman.

Jarma terbuat dari gandum, ayran (sejenis yoghurt), air, dan garam. Minuman ini memiliki cita rasa yang unik dan menyegarkan sehingga sangat cocok dinikmati saat musim panas.

Jarma tidak sulit ditemukan, karena banyak toko-toko di pinggir jalan yang sudah menjual minuman Jarma yang satu ini.