Format Video Terpopuler Di Dunia Karena Keunggulannya

 

Menonton film adalah salah satu cara mencari hiburan yang murah meriah di berbagai kalangan dari anak-anak hingga orang tua, lalu apakah anda memperhatikan adanya format atau ekstensi pada setiap film berbeda-beda dan itu tergantung dari cara mendapatkannya dan siapa yang menyediakan. Berikut ini adalah ekstensi video yang populer dan kelebihannya,

  • MP4

MP4 adalah format file video terpopuler yang digunakan di seluruh dunia, sebelum menggunakan ini, youTube menggunakan FLV sebagai ekstensi videonya, tetapi semua berubah sejak youTube beranjak ke pemutar video HTML5 maka perlahan flash mulai ditinggalkan dan FLV menjadi masa lalu.

  • MPG

Di era VCD membuming di Indonesia, DAT merupakan sebuah video yang berformat MP1. Yang terkadang juga ditemukan dalam bentuk DVD bahkan blu-ray menggunakan ekstensi default DAT yang berada di dalamnya.

  • AVI

Format ini sering digunakan sebagai format film dan video berbagai macam media. AVI juga digunakan sebagai format file default untuk handycam atau kamera digital pada umumnya. Karena sering dikombinasikan dengan codec-codec seperti DivX  dan XVID membuat format  ini sangat terkenal.

  • GIFV

GIFV juga telah terkenal di kalangan pengguna dunia maya, dan sering digunakan sebagai pengganti dari ekstensi GIF yang tidak efisien dan ukuran file yang sangat boros. Menggunakan GIFV merupakan ekstensi yang sangat hemat.

  • WEBM

WEBM saat ini sedang menuju puncak karena sudah mulai dikenal di internet. Web menggunakan format coding video VP8/VP9 serta audio vorbis atau opus sebagai standar codex. Di Indonesia belum banyak yang menggunakan WEBM sebagai format file video, tetapi hadirnya HTML5 webm menjadi semakin terkenal sebagai media standar file di situs forum ataupun situs berita.

  • 3GP

Pada awal era 2000-an format file video ini menjadi format file default untuk handphone. 3GP secara khusus di optimalkan sebagai ekstensi video yang memiliki ukuran kecil terutama dari HP, dan segi ukuran file yang dihasilkan. Banyak video indie dari Indonesia yang direkam menggunakan handphone dan dijadikan video dengan format 3GP.

     Itulah beberapa format yang telah banyak di gunakan di seluruh dunia teknologi maju seperti sekarang ini. Kunjungi blog internet marketing juraganonline untuk dapatkan informasi blog lainnya.