Dampak Buruk dari Polusi udara

Rusaknya lingkungan yang disebabkan manusia semakin meningkat dari zaman ke zaman. Khususnya polusi udara yang berdampak buruk  bagi kesehatan manusia itu sendiri.  Polusi udara termasuk kedalam masalah lingkungan terbesar yang mengakibatkan risiko kesehatan serius bagi manusia. Masalah polusi udara lebih banyak menyerang masyarakat miskin terutama yang tinggal di pinggiran kota. Nah akhir-akhir ini, polusi udara kian meningkat di Indonesia khususnya di wilayah ibu kota Jakarta. Bahkan, riset mengatakan bahwa indeksnya sudah mencapai angka terburuk.  

Sebelumnya apa kamu tahu apa itu polusi udara?  Polusi udara atau yang biasa kita sebut dengan pencemaran udara adalah suatu keadaan dimana udara mengandung bahan kimia, partikel yang berbahaya, yang menyebabkan kerusakan pada lingkungan alam. Dalam keadaan buruk ini, sangat mempengaruhi kondisi udara yang mengakibatkan ketidaknyamanan. Jika polusi udara terus meningkat, maka angka harapan hidup bagi masyarakat  pun berkurang.  Banyak sekali faktor –faktor yang menyebabkan polusi udara diantaranya akibat kebakaran hutan, asap kendaraan, asap pabrik, asap rokok,  pembangkit listrik yang menghasilkan gas-gas berbahaya, letusan gunung berapi, dan masih banyak lagi.

Begitu banyak bukan penyebab dari polusi udara? Nah kita sebagai manusia pasti mendapatkan dampak buruknya. Ada banyak sekali gangguan kesehatan yang ditimbulkan dari pousi udara. Berikut penyakit-penyakit yang timbul akibat polusi udara:

Infeksi saluran pernapasan akut (ISPA)

Penyakit ini menyerang seluruh organ pernapasan mulai dari hidung hingga paru-paru. ISPA termasuk dalam penyakit penular dan rentan menyerang anak-anak.

Terjadinya gangguan pernapasan seperti kanker paru-paru

Saat kita menghirup udara kotor pastinya udara tersebut akan masuk ke dalam paru-paru melalui hidung. Hal itu bisa mengakibatkan kanker paru-paru yang bisa menyebabkan kematian.

  1. Kambuhnya penyakit asma yang timbul akibat terlalu sering menghirup udara yang tidak sehat.
  2. Mengganggu kesehatan kulit seperti kulit nampak kusam, penuaan dini, flek hitam, bahkan kanker kulit.
  3. Membuat stress yang berakibat sering emosi.

Nah sebenarnya masih banyak dampak negatif dari polusi udara. Oleh karena itu, kita sebagai manusia harus menjaga lingkungan. Jika sudah terjadi seperti ini kita harus segera menanggulanginya seperti melakukan hal-hal kecil diantaranya mengurangi penggunaaan kendaraan pribadi, menjaga kelestarian hutan dengan tidak membakar hutan, dan masih banyak lagi. Oh iya jangan lupa untuk selalu memakai masker ya jika kamu keluar ruangan!  Dan jangan lupa kunjungi https://synergyofficial.co.id/ utnuk informasi kesehatan ya. Semoga informasi tadi dapat bermanfaat untuk kita semua.