Aneka Keuntungan Menggunakan Atap Baja Ringan

Struktur atap rumah yang kuat dan terlihat kokoh, menjadi hal penting yang diperhatikan bagi setiap orang yang akan membangun rumah. Tidak hanya pemilik bangunan, bahkan kontraktor yang mengerjakan pembangunan juga sangat memperhatikan hal tersebut.

Beberapa konsumen dengan kerangka atap berbahan kayu mulai beralih ke baja ringan. Selain itu, proses instalasi baja ringan lebih mudah dibandingkan dengan kayu. Berikut ini adalah beberapa penjelasan mengenai keuntungan menggunakan atap baja ringan yang sedang populer di kalangan masyarakat.

Atap Baja Ringan

Ini Dia,  Keuntungan Memakai Atap Baja Ringan

Atap yang berbahan dasar baja ringan, mampu bertahan dari berbagai macam kondisi perubahan cuaca di Indonesia. Walaupun hanya terdapat 2 iklim di Indonesia yaitu musim hujan dan musim panas, tapi terkadang terdapat pergantian cuaca yang cukup ekstrim, sehingga berpengaruh terhadap kondisi ketahanan dari suatu bahan bangunan.

Bahan bangunan yang dimaksud dalam pembahasan ini adalah atap rumah. Kenapa banyak orang yang memilih menggunakan atap dengan bahan baja ringan? Simak penjelasan berikut ini:

  1. Harga Terjangkau

Bagi sebagian orang, hal tersebut sangat bermanfaat besar untuk meringankan biaya pengeluaran saat membangun sebuah bangunan. Atap baja ringan memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan atap berbahan tanah liat. Dari segi pembuatan, struktur atap kayu membutuhkan proses yang cukup lama serta melibatkan banyak orang karena masih menggunakan alat manual.

Sedangkan untuk atap dari baja ringan, sebagian besar proses pembuatan hingga 80% dibuat dengan mesin berteknologi canggih yang diawasi oleh operator mesin profesional. Selain waktu pengerjaan lebih cepat, karena dilakukan dengan mesin, maka hasil yang diperoleh juga akan memiliki kualitas yang sama. Berdasarkan hal tersebut, wajar jika atap yang dibuat dengan cara manual memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan atap yang menggunakan mesin mutakhir.

     2. Mudah Dilakukan Instalasi

Pemasangan atap baja ringan hampir sama dengan pemasangan atap yang menggunakan bahan kayu. Akan tetapi, para pekerja dapat lebih terbantu karena tidak perlu melakukan pemotongan kayu dengan berbagai ukuran sebelum dilakukan pemasangan sebagai struktur atap rumah. Melainkan, mereka cukup menyesuaikan dengan kerangka yang telah didesain sebelumnya baik oleh pemilik bangunan ataupun kontraktor yang membantu mengawasi proses pengerjaan bangunan.

Tambahan alat yang digunakan untuk menyambungkan antara potongan baja yang satu dengan yang lainnya adalah SDS (Self Drilling Screw) yang bisa disebut juga sekrup bebas mur. Alat ini harus terpasang kuat serta dilengkapi adanya kontrol torsi yang membantu alat terhindar dari keausan selama proses pemasangan berlangsung.

    3. Ketahanan Terhadap Perubahan Cuaca

Anti korosi atau tidak mudah mengalami pelapukan seperti halnya yang terjadi pada bahan kayu, menjadi keunggulan tersendiri bagi atap dengan bahan dasar baja ringan. Walaupun terbuat dari baja ringan, bukan berarti ringan seperti alumunium. Bobot yang dimiliki sesuai dengan bobot pada kayu untuk menjaga tekstur atau bentuk dari kerangka. Sehingga, jika terjadi perubahan cuaca yang cukup signifikan, maka rangka atap dapat tetap tahan terjaga.

    4. Memiliki Standarisasi yang Terjamin Kualitasnya

Standar yang harus dimiliki oleh baja ringan adalah G550. Dimana standar ini diterapkan untuk menjamin baja memiliki nilai tegangan tarikan yang sesuai untuk ukuran suatu baja. Nilai tersebut adalah 550 Mpa. Dengan adanya hasil tersebut, maka konsumen tidak perlu merasa ragu, karena bahan sudah terjamin kuat dan kokoh dalam menopang genteng atau atap rumah Anda.

     5. Garansi

Jika Anda membeli kayu, maka tidak diberikan garansi oleh pihak penjual material bangunan. Sedangkan konsumen yang memanfaatkan baja ringan untuk struktur atap rumahnya, diberikan garansi untuk menjamin kualitas baja yang telah dibeli. Selain mampu bertahan hingga belasan atau puluhan tahun mendatang, baja ringan biasa dijual di pasaran secara batangan dengan kualitas terbaiknya. Sebaiknya, bagi Anda yang akan membeli produk rangka atap ini, dapat bertanya kepada pihak penjual mengenai berapa lama garansi yang diberikan jika diketahui terdapat penurunan kualitas sebelum dilakukan proses instalasi.

Sekian penjelasan singkat terkait atap baja ringan secara umum. Informasi selengkapnya dapat dilihat melalui website resmi pemasok material baja ringan yang digunakan sebagai kerangka atap bangunan. Semoga bermanfaat.