7 Cara Mudah Mengatasi Pencemaran Lingkungan Sekolah

Seperti banyak tempat lainnya, masalah sampah di sekolah tentu perlu diperhatikan dengan baik. Cara mengatasi pencemaran lingkungan sekolah tentu ada banyak yang bisa dilakukan. Tapi untuk memastikan cara – acara ini sukses, Anda tentu perlu partisipasi semua anggota sekolah.

Memastikan Semua Anggota Sekolah Aktif Menjaga Lingkungan

Jika Anda ingin membuat para anggota sekolah, mulai dari murid, guru sampai perangkat pekerja sekolah, semuanya peduli akan lingkungan ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda gunakan untuk memastikan banyak pihak mau membantu menyelamatkan lingkungan sekolah!

Membuat Menjaga Kebersihan Menjadi Peraturan Penting

Hal yang penting untuk memastikan banyak orang peduli lingkungan adalah pembuatan peraturan. Peraturan yang sudah dibuat sekolah tentu memiliki peran penting untuk mengarahkan para anggota sekolah dan membuatnya peduli. Agar peraturan ini efektif, hukuman juga perlu diaplikasikan. Peraturan ini tentu berlaku untuk semua, jadi pastikan tidak hanya murid saja yang bisa terkena hukuman, tapi guru dan karyawan perangkat sekolah juga.

Mengaplikasikan Pembagian Kewajiban Dalam Kebersihan

Setelah memiliki peraturan yang jelas, berikutnya adalah membebankan kewajiban menjaga kebersihan. Hal ini bisa dilakukan seperti menggalakan kerja bakti secara rutin sebulan sekali ataupun menjunjung group piket kelas. Pemberian kewajiban dan tugas kebersihan ini tentu membuat pihak yang melakukannya merasakan bagaimana sulitnya menjaga kebersihan. Jadi saat melihat murid ada yang buang sampah sembarangan, pihak yang pernah bertugas bersih – bersih bisa langsung mengingatkan.

Mempersiapkan Fasilitas Kebersihan yang Baik

Untuk memudahkan para anggota sekolah menjaga kondisi lingkungan di tempat ini, tentu saja fasilitas kebersihan perlu dipersiapkan. Mulai dari tempat sampah, sapu dan lap di setiap kelas, kebutuhan alat pemotong rumput untuk lapangan dan bahkan sapu lidi besar untuk di pinggir jalan. Misal saja tempat sampah mudah ditemukan dan ada banyak, banyak orang tentu mudah membuang sampah di tempat yang sudah disediakan daripada di pinggir jalan.

Upaya Manusia Mengatasi Pencemaran Lingkungan

Cara Mengatasi Masalah Polusi di Sekolah

Nah, bahasan di atas tentu saja akan membuat anggota sekolah banyak yang akan ikut menjaga kondisi kebersihan. Tapi bagaimana jika kondisi sekolah Anda sudah memiliki masalah polusi? Untuk hal ini beberapa cara berbeda perlu dilakukan. Berikut adalah bahasan – bahasannya:

Melakukan Event Bersih – Bersih yang Menyeluruh

Cara yang biasanya diambil jika kondisi masalah lingkungan di sekolah sudah parah adalah acara bersih – bersih khusus. Dalam hal ini semua anggota sekolah menyempatkan kerja bakti secara menyeluruh. Event seperti ini bisa berjalan seharian mulai dari pagi sampai siang. Tentu saja untuk event ini bisa terlaksana, Anda harus mengorbankan jam belajar efektif. Tapi jika dijadikan event seperti saat menjelang 17 Agustusan ataupun libur besar nasional lainnya, tentu hal ini bisa dilaksanakan baik.

Menyewa Petugas Kebersihan Profesional

Jika pembersihan dengan mengerahkan semua anggota sekolah tidak memungkinkan, Anda terpaksa harus menyiapkan budget untuk menyewa petugas kebersihan profesional. Jasa seperti ini sudah banyak ditemukan di internet. Anda bisa pilih penyedia jasa yang mampu mengurusi lingkungan sekolah secara menyeluruh. Keperluan ini tentu perlu persiapan dari segi perencanaan dan juga budget, jadi pastikan seluruh pihak sekolah mendukung hal ini.

Menggalakan Program Kebersihan yang Lebih Ketat

Jika memang kondisi polusi sudah lebih parah, program kebersihan seperti piket ataupun kerja bakti rutin harus lebih digalakan. Hal ini memastikan para anggota sekolah sadar akan pentingnya kebersihan. Jika kondisi sudah makin bersih, kegiatan ini juga bisa jadi makin ringan karena tidak banyak sampah yang harus dibuang. Dorongan program ini juga bisa disertai dengan reward seperti acara makan bersama setelah event kerja bakti selesai, ataupun penilaian kondisi kebersihan kelas akan masuk ke dalam penilaian perilaku para murid. Hal ini tentu bisa jadi motivasi tersendiri untuk keperluan bersih – bersih sekolah.

Jika Anda perlu informasi lebih soal cara mengatasi pencemaran lingkungan sekolah, Anda bisa memanfaatkan artikel – artikel yang ada di edutore.com. Website ini dibuat oleh Gramedia untuk keperluan pendidikan. Mulai dari murid SD sampai para calon PNS bisa mendapatkan banyak materi belajar di sini. Anda bahkan bisa mencoba manfaatkan bagian kumpulan soal  yang tersedia di sini jika perlu materi latihan soal un SMA dan SMP. Bagaimana apakah Anda tertarik? Ayo kunjungi websitenya sekarang juga!