10 Efek Kurang Tidur Yang Harus Kamu Tahu

Tidur merupakan aktivitas penting untuk tubuh agar berfungsi secara optimal setelah melakukan berbagai kegiatan seharian. Kurang tidur akan mengakibatkan tubuh terasa lelah saat bangun, sering menguap bahkan bisa menyebabkan pikiran sulit berkonsentrasi.

Kebutuhan tidur seseorang sendiri berbeda-beda tergantung seberapa banyak kegiatan yang dilakukan, semakin lelah tubuh seseorang maka kebutuhan tidurnya juga semakin panjang. Rata-rata kebutuhan tidur berkualitas seseorang antara 7-9 jam setiap harinya, namun untuk anak-anak dan remaja kebutuhan tidurnya berbeda yakni antara 8 – 10 jam setiap hari.

Untuk menjaga kesehatan tubuh dan organ agar berfungsi dengan optimal maka seseorang harus memenuhi kebutuhan tidurnya, apalagi jika kekurangan tidur akan memicu berbagai hal negatif yang bisa memberikan dampak kurang baik bagi tubuh.

Bagi kalian yang selama ini tidurnya kurang atau sering begadang bisa melihat beberapa dampaknya dibawah ini agar kebiasaan tersebut tidak dilakukan secara berlarut-larut demi kesehatan tubuh.

Resiko Terkena Kanker

Dalam sebuah riset telah diungkapkan jika seseorang kurang jam tidurnya maka resiko terkena kanker payudara dan kanker prostat akan meningkat.

Mudah Sakit

Seseorang yang kualitas tidurnya kurang akan lebih mudah sakit, hal itu karena sistem kekebalan tubuh akan mengurangi kemampuan tubuh dalam melawan penyakit.

Kesehatan Jantung

Kurang waktu tidur ataupun kelebihan waktu tidur bisa menurunkan kesehatan jantung, oleh karena itu kalian harus menjaga pola tidur demi menjaga kesehatan jantung dan meminimalisir terkena serangan jantung maupun stroke.

Terjadi Kedutan

Dampak yang terjadi akibat waktu tidur yang kurang bisa memicu kedutan. Nah kedutan sendiri bisa terjadi dibagian tubuh mana saja terutama mata. Walaupun masih banyak yang mempercayai arti kedutan dari seseorang yang mengalaminya namun kurangnya tidur juga bisa menjadi penyebabnya.

Mudah Lelah

Kurangnya jam istirahat juga bisa menjadi penyebab mudahnya lelah. Jika banyak kegiatan tentu harus mengimbanginya dengan istirahat yang cukup supaya tidak mudah lelah saat menjalani aktivitas di hari berikutnya.

Mudah Lupa

Hal ini mungkin sering terjadi pada kalian. Saat melakukan aktivitas namun malam harinya begadang sampai larut tentu akan berdampak pada aktivitas keesokan harinya. Mudah lupa terjadi akibat seseorang tidak konsentrasi dikarenakan sedang ngantuk.

Resiko Diabetes

Jam istirahat yang tidak maksimal juga bisa meningkatkan resiko diabetes. Tentu kalian perlu tidur selama 7-8 jam sehari agar tubuh bisa bekerja dengan baik dan meminimalisir akan diabetes.

Berat Badan Naik

Mungkin selama ini yang diketahui yakni tidur yang tidak maksimal bisa membuat berat badan turun, hal itu tidaklah keliru namun kurang tidur juga bisa menaikkan berat badan tetapi lebih mengarah ke obesitas.

Daya Berpikir Kurang

Mengantuk terjadi karena seseorang merasa lelah ataupun kurangnya waktu tidur. Jika demikian seseorang akan mudah letih dan kemampuan berpikirya tentu akan berkurang. Dampak ini tentunya sangat tidak baik apalagi saat melakukan aktivitas.

Nyeri Pada Otot dan Sendi

Jika usia semakin tua maka efek dari kurangnya jam istirahat akan cepat terasa, salah satunya merasakan nyeri pada otot maupun sendi. Untuk menjaga agar tubuh tetap fit tentu saja harus mengurangi begadang malam dan meningkatkan kualitas tidur.

Nah itulah beberapa dampak kurang tidur, untuk meminimalisir terjadinya hal tersebut maka sebaiknya jagalah kesehatan dengan pola makan yang sehat, olah raga dan tentunya meningkatkan kualitas tidur. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat dan berguna untuk kalian semua.

Tags: